Pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan
pembeli yang tidak selalu memerlukan lokasi fisik dan bisa berunjuk kesuatu
negara tempat suatu barang tersebut dipasarkan atau dijual. Pasar menurut
karakteristiknya dibagi menjadi 4, yaitu:
1. Pasar persaingan sempurna
2. Pasar monopoli
3. Pasar persaingan monopolistik
4. Pasar oligopoli
A. Pasar
persaingan sempurna
adalah sebuah jenis pasar
dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual
bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi
antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli
di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima
harga.
Kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna.
Kelebihan:
a. Harga Jual barang dan jasa adalah yang
termurah
b. Jumlah Output Paling banyak sehingga rasio
output per penduduk maksimal (kemakmuran maksimal)
c. Masyarakat merasa nyaman dalam
mengonsumsi karena tidak perlu membuang waktu untuk memilih barang dan jasa
(produk yang homogen)
d. Tidak takut ditipu dalam kualitas harga
(informasi sempurna)
Kekurangan:
a. Kelemahan dalam hal asumsi
b. Kelemahan dalam pengembangan teknologi
c. Konflik efisiensi keadilan
B. Pasar
monopoli
adalah suatu bentuk pasar di mana hanya
terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Produsen bebas untuk menentukan
harga. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut
sebagai "monopolis". Harga ditentukan dari jumlah barang yang akan
diproduksi, semakin sedikit banrang, semakin mahal harga barang tersebut.
Kelebihan Pasar Monopoli
a. Mampu mengakumulasi laba super normal dalam
jangka panjang
b. Menghasilkan output yang besar melalui
peningkatan efisiensi
c. Mampu meningkatkan investasi ekonomi
d. Meningkatkan kesehatan masyarakat melalui
pengaturan harga dua tingkat ( two tier pricing)
Kelemahan Pasar Monopoli
a. Hilang atau berkurangnya tingkat
kesejahteraan konsumen
b. Menimbulkan eksploitasi terhadap konsumen
dan pekerja
c. Memburuknya kondisi makroekonomi nasional
d. Membruknya kondisi perekonomian
Internasional
C. Pasar
persaingan monopolistik
adalah salah
satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan
barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada
pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti
memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya. produsen
memiliki kemampuan untuk memengaruhi harga pasar.
Kelebihan Pasar Monopolistik
·
Daya monopoli yang relatif kecil
menyebabkan kesejahteraan yang hilang relatif kecil.
·
Kelebihan kapasitas produksi relatif
kecil
·
Kenikmatan konsumen yang tinggi karena
beragamnya produk, peningkatan kualias, dan meningkatnya kebebasan konsumen
dalam memilih output
Kelemahan Pasar Monopolistik
·
Permintaan yang sangat elastic
·
Harga jual masih lebih besar daripada
biaya marjinal
·
Kapasitas berlebih
·
Jika output ditambah melebihi output
keseimbangan, maka akan terjadi kerugian.
D. Pasar
oligopoli
adalah pasar di mana
penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya
jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Praktek oligopoli
umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan
potensial untuk masuk kedalam pasar, dan juga perusahaan-perusahaan melakukan
oligopoli sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal di bawah tingkat
maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas, sehingga menyebabkan
kompetisi harga di antara pelaku usaha yang melakukan praktik oligopoli menjadi
tidak ada.
Kelebihan Pasar Oligopoli
·
Hanya
sedikit perusahaan dalam Industri membuat saingan juga menjadi sedikit.
·
Oligopoli
dengan produk difensiasi lebih mudah memprediksi reaksi-reaksi dari perusahaan
lawan
·
Oligopoli
dengan produk yang homogen memiliki rintangan masuk ke dalam pasar yang relatif
kecil
Kelemahan
Pasar Oligopoli
·
Efisiensi
hanya dicapai jika perusahaan memproduksi output dalam skala yang sangat besar
·
Pengambilan
keputusan yang sangat kompleks karena terdapat kompetisi non harga
·
Membutuhkan
kemampuan manajemen yang sangat baik karena kompleksnya persaingan
Pasar yang paling efisien adalah pasar persaingan
sempurna.Alasan mengapa pasar persaingan sempurna paling efisien adalah:
·
Pada pasar persaingan sempurna informasi
mengenai harga suatu barang dapat diketahui dengan mudah sehingga
menghindari abnormal return.
·
Di dalam pasar persaingan sempurna,
produk yang dihasilkan disesuaikan sehingga tidak melebihi permintaan.
·
Tidak perlu dilakukan manajemen rumit
seperti pada kasus oligopoly skarena harga barang akan sendirinya tercapai oleh
keseimbangan antara permintaan dan penwaran yang terjadi secara alamiah.
·
Dalam jangka panjang bentuk pasar yang
bersifat persaingan sempurna menjamin diproduksinya barang-barang dengan ongkos
yang serendah-rendahnya kerena bila diproduksi dalam ongkos yang besar otomatis
produsen akan mengalami kerugian mengingat banyak saingan di dalam pasar
persaingan sempurna.
Sumber :
No comments:
Post a Comment