Monday, 3 June 2013

Jenis-jenis karakteristik pasar



Pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli yang tidak selalu memerlukan lokasi fisik dan bisa berunjuk kesuatu negara tempat suatu barang tersebut dipasarkan atau dijual. Pasar menurut karakteristiknya dibagi menjadi 4, yaitu:
1.  Pasar persaingan sempurna
2.  Pasar monopoli
3.  Pasar persaingan monopolistik
4.  Pasar oligopoli

A. Pasar persaingan sempurna
     adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga.

Kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna.
Kelebihan:
a. Harga Jual barang dan jasa adalah yang termurah
b. Jumlah Output Paling banyak sehingga rasio output per penduduk maksimal (kemakmuran maksimal)
c.  Masyarakat merasa nyaman dalam mengonsumsi karena tidak perlu membuang waktu untuk memilih barang dan jasa (produk yang homogen)
d. Tidak takut ditipu dalam kualitas harga (informasi sempurna)

Kekurangan:
a. Kelemahan dalam hal asumsi
b. Kelemahan dalam pengembangan teknologi
c. Konflik efisiensi keadilan

B. Pasar monopoli
adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Produsen bebas untuk menentukan harga. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis". Harga ditentukan dari jumlah barang yang akan diproduksi, semakin sedikit banrang, semakin mahal harga barang tersebut.

Kelebihan Pasar Monopoli
a. Mampu mengakumulasi laba super normal dalam jangka panjang
b. Menghasilkan output yang besar melalui peningkatan efisiensi
c. Mampu meningkatkan investasi ekonomi
d. Meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pengaturan harga dua tingkat ( two tier pricing)

Kelemahan Pasar Monopoli
a. Hilang atau berkurangnya tingkat kesejahteraan konsumen
b. Menimbulkan eksploitasi terhadap konsumen dan pekerja
c. Memburuknya kondisi makroekonomi nasional
d. Membruknya kondisi perekonomian Internasional

C.  Pasar persaingan monopolistik
      adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya.  produsen memiliki kemampuan untuk memengaruhi harga pasar.

Kelebihan Pasar Monopolistik
·         Daya monopoli yang relatif kecil menyebabkan kesejahteraan yang hilang relatif kecil.
·         Kelebihan kapasitas produksi relatif kecil
·         Kenikmatan konsumen yang tinggi karena beragamnya produk, peningkatan kualias, dan meningkatnya kebebasan konsumen dalam memilih output

Kelemahan Pasar Monopolistik
·         Permintaan yang sangat elastic
·         Harga jual masih lebih besar daripada biaya marjinal
·         Kapasitas berlebih
·         Jika output ditambah melebihi output keseimbangan, maka akan terjadi kerugian.
D. Pasar oligopoli
    adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan.  Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Praktek oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk kedalam pasar, dan juga perusahaan-perusahaan melakukan oligopoli sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi harga di antara pelaku usaha yang melakukan praktik oligopoli menjadi tidak ada.

Kelebihan Pasar Oligopoli
·         Hanya sedikit perusahaan dalam Industri membuat saingan juga menjadi sedikit.
·         Oligopoli dengan produk difensiasi lebih mudah memprediksi reaksi-reaksi dari perusahaan lawan
·         Oligopoli dengan produk yang homogen memiliki rintangan masuk ke dalam pasar yang relatif kecil

Kelemahan Pasar Oligopoli
·         Efisiensi hanya dicapai jika perusahaan memproduksi output dalam skala yang sangat besar
·         Pengambilan keputusan yang sangat kompleks karena terdapat kompetisi non harga
·         Membutuhkan kemampuan manajemen yang sangat baik karena kompleksnya persaingan

Pasar yang paling efisien adalah pasar persaingan sempurna.Alasan mengapa pasar persaingan sempurna paling efisien adalah:
·         Pada pasar persaingan sempurna informasi mengenai harga suatu barang dapat diketahui dengan mudah sehingga menghindari abnormal return.
·         Di dalam pasar persaingan sempurna, produk yang dihasilkan disesuaikan sehingga tidak melebihi permintaan.
·         Tidak perlu dilakukan manajemen rumit seperti pada kasus oligopoly skarena harga barang akan sendirinya tercapai oleh keseimbangan antara permintaan dan penwaran yang terjadi secara alamiah.
·         Dalam jangka panjang bentuk pasar yang bersifat persaingan sempurna menjamin diproduksinya barang-barang dengan ongkos yang serendah-rendahnya kerena bila diproduksi dalam ongkos yang besar otomatis produsen akan mengalami kerugian mengingat banyak saingan di dalam pasar persaingan sempurna.


 Sumber :

No comments:

Post a Comment