Tuesday, 21 October 2014

Tentang Kampus

          Nama Gunadarma adalah nama yang diambil dari pendiri bangunan yang merupakan salah satu dari keajaiban dunia, yaitu Candi Borobudur. Pendiri candi Borobudur adalah yang bernama Gunadarma.

          Universitas Gunadarma memiliki banyak sekali fitur-fitur atau menu layanan dalam situs websitenya, diantaranya adalah:

1.      Student Locker atau Student Site

          Menu layanan ini digunakan untuk para mahasiswa yang telah menjadi mahasiswa di Universitas Gunadarma dan setiap mahasiswanya WAJIB untuk membuat Student Locker atau Student Site ini. Karena melalui Student Locker inilah para mahasiswa bisa mengirimkan hasil tugas atau tulisannya ke para dosen dan bahkan melalui Student Locker mahasiswa bisa mengetahui nilai IPK dan DNS selama kuliah di Universitas Gunadarma dan ini sangat membantu mahasiswa Gunadarma.

http://studentsite.gunadarma.ac.id/

2.      BAAK Online

          BAAK (Biro Administrasi Akademik) Online adalah menu layanan yang digunakan untuk mengetahui jadwal kuliah selama kuliah di Universitas Gunadarma. Melalui menu layanan ini, mahasiswa juga bisa mengambil cuti akademik. Tidak hanya itu, melalui menu layanan ini, mahasiswa bisa menggunakan layanan untuk pindah kelas (pindah lokasi/waktu kuliah), pindah jurusan, dan untuk ujian susulan.

http://baak.gunadarma.ac.id/

3.      PSMA Online

          PSMA (Pengembangan Sistem Manajemen Akademik) Online adalah menu layanan yang digunakan mahasiswa Gunadarma untuk pembuatan KRS (Kartu Rencana Studi) dan daftar ulang.

4.      BAPSI

          BAPSI (Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi) adalah menu layanan yang bisa digunakan mahasiswa Gunadarma untuk mencari sistem informasi yang ada di kampus Universitas Gunadarma.

http://bapsi.gunadarma.ac.id/

5.      UG Wartawarga

          UG (Universitas Gunadarma) Wartawarga adalah menu layanan yang digunakan oleh mahasiswa dan dosen Universitas Gunadarma untuk memposting informasi apapun dari blog mereka yang berkaitan tentang kampus.

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/

6.      UG Community

          UG Community adalah menu layanan yang bisa digunakan untuk mahasiswa Universitas Gunadarma yang berisi komunitas-komunitas yang ada di Universitas Gunadarma.

http://community.gunadarma.ac.id/

7.     UGpedia

          UGpedia adalah menu layanan yang bisa digunakan oleh mahasiswa Universitas Gunadarma untuk mencari informasi tentang seputar Universitas Gunadarma. Bisa dibilang ini adalah “Wikipedia”nya tentang Universitas Gunadarma.

http://ugpedia.gunadarma.ac.id/

Dan masih banyak lagi menu layanan yang diberikan oleh Universitas Gunadarma, diantaranya:

Perpustakaan (http://library.gunadarma.ac.id/)
e-Learning (http://elearning.gunadarma.ac.id/)
V-Class (http://v-class.gunadarma.ac.id/)
SAP (http://sap.gunadarma.ac.id/)
Seminar (http://seminar.gunadarma.ac.id/)
Help Desk (http://helpdesk.gunadarma.ac.id/)
Karir (http://career.gunadarma.ac.id/)
Student Portofolio (http://student.gunadarma.ac.id/)
UNIVERSITAS GUNADARMA (http://www.gunadarma.ac.id/)


Telematika

 Berdasarkan buku dan informasi yang saya cari bahwa “Telematika” bukan merupakan bahasa yang berasal dari bahasa indonesia, Melainkan adalah bahasa Perancis yaitu“ TELEMATIQUE”  yang memiliki defenisi bertemunya suatu sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Telematika ini lebih dekat dengan hakekat CYBERSPACE sebagai suatu sistem yang lahir dari perkembangan dan konvergensi dengan telekomunikasi, media dan informatika. Para praktisi juga mengatakan bahwa telematika merupakan wujud dari perpaduan konsep computing dan communication. Kesimpulannya telematika merupakan komunikasi jarak jauh, yang menyampaikan informasi ke satu arah, maupun timbal balik, dengan menggunakan sistem digital.
Perkembangan Telematikan di indonesia, Telematika banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang telekomunikasi yang berfokus pada pertukaran data yang menjadi kebutuhan konsumen seperti telekomunikasi lewat telepon, saluran televisi, radio, dan media lainnya, dan juga sistem pelacakan navigasi secara realtime berbasis satelit yang disebut GPS. Pada penerapannya, Telematika menggunakan suatu teknologi pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi melalui perangkat telekomunikasi dalam hubungannya dengan pengaruh pengendalian pada objek jarak jauh.
Untuk indonesia sendiri, perkembangan telematika mengalami tiga periode berdasarkan fenomena yang terjadi dimasyarakat, meliputi:

  • Periode rintisan yang berlangsung akhir tahun 1970-ansampai dengan akhir 1980-an, perhatian yang minim dan pasokan listrik yang terbatas, membuat indonesia tidak cukup mengindahkan perkembangan telematika. Pada tahu 1980-an jaringan telepon, saluran televisi nasional, stasium radio nasional dan internasional dan komputer mulai dikenal indonesia masih terbatas.
  • Periode kedua tahun 1990-an jaringan radio amatir yang jangkauannya sampai ke luar negeri. Teknologi telematika mulai dikenal masyarakat indonesia seperti radio, televisi, telepon dan  lainnya.tetapi pada periode ini mengalami kerusuhan pada bulan mei 1998.
  • Pada periode ini pemerintah mulai serius dalam menanggapi perkembangan telematika dalam bentuk keputusan presiden No. 50 Tahun 2000 tentang tim koordinasi telematika indonesia(TKTI). Mulai di periode inilah masyarakat indonesia lebih mengerti dalam pemakaian telematika.


Tren telematika dimassa depan, mengupayakan peningkatan pemanfaatan telematika secara optimal dimasa depan agar tercapai jika tersedia ragam aplikasi dan konten yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan konsumen. Dan pada akhirnya era robotik akan segera muncul. Segenap mesin  dengan kemampuan adaptif dan kemampuan belajar yang mandiri sudah banyak dibuat dalam skala industri kecil dan menengah, termasuk di tanah air. Jadi adanya teknologi manusia akan mendukung berkembangnyan sehingga akan ada harapan tentang masa depan telematika yang baik.


Sumber: